Welcome To Kid Net Blog

Resep Sahur Sehat

by KID | 20.49 in , |

Santap sahur merupakan bekal untuk menjalani puasa sepanjang hari. Karena itu harus cermat dalam memilih agar tak kekurangan energi di tengah hari. Selain itu sajian sahur yang praktis dan lengkap nutrisi tak sulit dan repot disiapkan,
Agar tubuh tetap bugar sepanjang hari selama berpuasa, ada baiknya cermati pilihan menu santap sahur Anda. Coba intip info berikut ini!
Menu Sahur yang baik: Menu komplet bisa berupa sumber karbohidrat seperti nasi, kentang atau mi dengan tambahan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) dan protein hewani (daging, unggas,seafood). Yang tak boleh tertinggal sayuran dan buah-buahan segar. Jika suka bisa ditambahkan susu kedelai, susu skim atau susu segar sebagai pelengkapnya.

Variasi Menu: Sumber nutrisi yang diperlukan tubuh tak harus diwujudkan dalam nasi plus lauk-pauk. Bisa berupa mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap. Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran. Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, serat dan mineral sebaiknya tambahkan selalu sayuran dan buah segar. Buah segar bisa dimakan sebagai buah potong atau buat jus bersama yoghurt atau susu atau jus segar tanpa tambahan gula. Agar kerja lambung tidak terlampau berat yang bisa berakibat badan lemas dan mengantuk, hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan. Kurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin.

Segar dan Hangat: Karena santap sahur dilakukan pada pagi buta, sebaiknya rangsang selera makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar. Untuk makanan yang memakai sayuran segar, sajikan sesaat akan disantap agar sayuran masih renyah dan kandungan vitamin serta mineralnya tetap awet. Demikian juga dengan buah-buahan segar. Untuk nasi dan lauk-pauk, sajikan dalam keadaan hangat atau panas agar lebih enak dan menarik selera makan.


Resep Sahur sehat- Sup Jagung Ayam Asap
Sup kental yang hangat ini pas disantap saat sahur. Rasa legit jagung manis plus gurih susu menjadi sangat enak saat dihirup hangat. Aroma harum ayam asap membuat kelezatannya makin lengkap!

Bahan :
1 sdm mentega
30 g bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, memarkan
1 batang daun bawang, iris kasar
2 buah jagung manis, parut halus
3 sdm Nestlé DANCOW Fullcream larutkan dengan 600 ml air
2 buah MAGGI Kaldu Blok Rasa Ayam
½ sdt pala bubuk
1 buah jagung manis, sisir bijinya
75 g ayam asap, potong kecil
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
  • bawang Bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  • Tambahkan daun bawang, aduk hingga layu.
  • jagung manis parut, susu, bumbu dan ayam asap.
  • Masak dengan api kecil hingga mendidih.
  • Tuangi larutan maizena, masak hingga mengental.
  • Angkat, sajikan hangat.
Tips :
  • Pilih jagung manis yang cukup tua bijinya agar menghasilkan sup yang kental dan legit.
  • Sajikan sup ini dalam keadaan panas dengan roti panggang, roti bawang atau roti tawar sehingga cukup mengenyangkan.
sumber : food.detik.com
Resep : http://anekaresep.multiply.com/j

0 comments: